JUWITA OKTAVIANI PRAMUDYA

202146500128

LOGIKA BERPIKIR DESAIN


Berpikir Diverging dan Konvergen


desain thinking atau berpikir secara desain atau logika berhasil desainmerupakan part-part atau bagian-bagian dalam diverging dan konvergen of Solution . berpikir diverging yaitu berpikir bebas , menyebar, mengekplorasi ide sebanyak mungkin. Contohnya membuat mindmapping


Berpikir konvergen yaitu berfpikir sistematis,fokus dan menimbang ide yang paling efektif dan efesien. Contohnya membuat sebuah logo yang terpacu dari moodboard atau terjabar dari berpikir diverging.


Kita berpikir divergen dulu dari yang khusus ke umum untuk membuat Kemudian kita masuk ke dalam titik-titik yang kedua pada kedua itu akan melebar dan kita akhirnya juga membuat kreatif brief membuat acuan acuan yang mana itu akan berpengaruh pada mind mapping yang kita buat setelah main mapping kemudian kreatif preview Muncul konvergen . konvergen ini dikunci dalam tulisan yang berbentuk kreatif yang tadi di awal itu dijabarkan kemudian dikecilkan lagi dengan konsep-konsep kunci yang akan dihadirkan contoh turn and mannernya apa kemudian gaya visualnya Seperti apa konstruksi berpikirnya.Bagaimana marketingnya akan diterapkan itu merupakan hasil dari konvergen atau pola yang kedua kemudian tahap yang ketiga atau pola yang ketiga adalah Divergent lagi ketika kita sudah mendapatkan kreatif yang tertulis yang sudah terstruktur kita kembangkan lagi dengan bentuk-bentuk pada thumbnail dengan mengeksplorasi sebanyak mungkin karakter visual kemudian konstruksi yang lebih banyak lagi dan lain sebagainya kemudian kita fokuskan lagi pada step terakhir di mana finding the right solution atau solusi paling baik itu adalah pertimbangan matang antara konstruksi kreatif main mapping moodboard thumbnail Matrix sampai alternatif yang dibuat itu hasil dari konvergent di mana hal tersebut sebenarnya sudah kalian lakukan.


Berfikir konvergen dan divergen sama-sama dibutuhkan dalam proses merancang/desain


Proses kreatif desain


Proses merancang


Terdapat 5 tahapan:


Emphatize :Memahami  apa yang dialami dan yang diharapkan oleh pengguna melalui cara mengobservasi , interaksi ke situasi pengguna


Define : mengidentifikasi masalah dengan menggunakan sudut padat pengguna


Prototype :membuat purwarupa rancangan


Test : menguji coba rancangan yang dibuat


Semua tahapan ini saling bertaut,


Ada tambahan beberapa tahapan menurut Ambrose dan harris 

Select : memlih lagi sebuah opsi yang sudah dirancang

Implemet : menerapkan rancangan pada permasalahan rill

Learn : melakukan refleksi dan mengambil pelajaran dari rancangan yang sudah di buat



Kesimpulannya 


Dari cara kita mencoba perpikir divergen dan konvergen lalu memncoba membuat proses kreatif desian itu merupakan proses yang sering dilakukan dalam merancang/desain. Semua itu saling bertaut dan tak pernah saling terlepas, dengan belajar desain thingking kita memahami lebih dalam tentang cara berpikir logika desain.

 


Comments

Popular posts from this blog

proses rebranding suatu logo

MEMBACA DEFINE DARI SEBUAH SHORT FILM